Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Mana Yang Terbaik : Blogger, Wordpress, Wix, atau Medium?

Minggu, 23 Juni 2019 | 13.51 WIB Last Updated 2022-07-06T08:02:07Z
    Share

Ada banyak sekali platform untuk blogging. Beberapa diantaranya adalah Blogspot, Wordpress, Wix dan Medium. Manakah yang terbaik?

Daftar Isi

Memilih Platform Blog

Hai sahabat koloni, semoga selalu dalam keadaan baik. Sebelum kita membahas artikel penting tentang platform blog terbaik antara blogger, wordpress, wix dan medium, ada baiknya sahabat membaca 3 postingan kami sebelumnya :

 a. 10 Manfaat dan keuntungan memiliki blog.

 b. 8 Persiapan membuat blog.

 c. Cara memilih niche blog yang benar agar trafik tinggi.

Jika sudah, saatnya kita membahas mengenai platform blog terbaik untuk memulai blogging. Manakah yang paling bagus : blogspot/blogger, wordpress, wix atau medium?

Mari kita kuliti satu per satu dengan indikator sebagai berikut :

  1. Biaya 
  2. Kerumitan
  3. Peluang mendapat penghasilan dari blog
  4. Peluang mendapat trafik tinggi

Mengapa hanya 4 hal dia atas? Karena kami rasa empat hal itulah yang setidaknya sobat perlu tahu sebelum membuat blog.

Macam-macam Platfom Blog

Baiklah, mari kita cari tahu mana platform blog terbaik untuk blogging. Ada banyak jenis platform yang bisa digunakan, bukan hanya Blogspot dan Wordpress saja. Namun akan kita bahas yang paling populer. 

Panduan Memilih Platform Blog
Memilih Platform Blog


Blogspot

a) Biaya : gratis, kecuali Anda membeli domain. Jika masih subdomain, semuanya gratis. Hostingpun gratis dan langsung terintegrasi dengan google.

b) Kerumitan : Cukup rumit karena Anda harus belajar bahasa HTML serta mengerti CSS. Namun jika tidak mau rumit juga bisa. Pakai saja fitus standard dari blogspot, seperti tema dan beranda penulisan. Jangan khawatir, asal bisa membuat artikel yang bermanfaat dan konten yang bagus, pasti tetap bisa memiliki trafik tinggi.

c) Peluang mendapat penghasilan dari blog : Sangat besar. Blogspot terintegrasi langsung dengan google adsense, jadi lebih mudah. Tanpa perlu beli template, hosting dan domain asal trafik tinggi dan artikel bermanfaat sertu umur blog cukup, sudah bisa jadi kaya dari blog. Selain ads dari Google, juga memungkinkan dapat penghasilan dari download shortlink, affiliate maupun review produk.

d) Peluang mendapat trafik tinggi : Sangat besar karena platform blog di blogspot sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat maupun mesin pencari, khususnya Google.

Wordpress Gratis

a) Biaya : gratis tapi fitur sangat terbatas. Anda akan kesulitan jika ingin mengubah-ubah template. Kuota untuk menyimpan gambar, postingan, dll juga sangat kecil. Tidak cocok jika Anda punya ribuan artikel.

b) Kerumitan : Sangat amat mudah sekali. Sebelum membuat blog, memang ada baiknya belajar CSS dan koding HTML. Namun jika malas belajar dua hal itu, wordpress gratisan kuncinya. Dengan adnalanya yaitu Gutenberg, tulisan dan postingan di wordpress gratisan sudah cukup rapi dan enak dibaca. Anda tinggal bikin artikel yang bermanfaat agar trafik tinggi dan pembaca bisa loyal datang ke blog sobat.

c) Peluang mendapat penghasilan dari blog : Hampir tidak ada sama sekali. Wordpress melarang Anda menjadi pengiklan adsense apapun. Affiliate juga dilarang. Maka Anda akan kesulitan mendapatkan penghasilan dari blog wordpress gratisan. Satu-satunya jalan adalah dengan menjadi buzzer atau mengiklankan produk orang lain lewat review produk.

d) Peluang mendapat trafik tinggi : Sangat besar karena platform blog wordpress memiliki algoritma yang sangat baik. Komunitas pengguna wordpress juga banyak, baik gratisan maupun berbayar.

Wordpress Berbayar

a) Biaya : Sangat mahal. Sebelum membuat blog di wordpress non-gratisan, pastikan Anda tahu tempat membeli doamin, hosting, SSL, dll. Template juga lebih mahal dari blogspot.

b) Kerumitan : Tidak rumit sama sekali. Tetapi Anda harus merogoh kocek jika ingin membeli plugin (alat bantu) kalau tidak mau belajar HTML. Ada banyak plugin yang akan membantu Anda untuk mendapatkan trafik tinggi. Ini adalah kelebihan platform blog wordpress premium. Anda tinggal beli dan pasang plugin tersebut.

c) Peluang mendapat penghasilan dari blog : Sangat besar. Karena tampilan rapi dan jejaring wordpress yang kuat, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog wordpress cukup besar. Beberapa diantaranya berasal dari berbagai adsense, affiliate, reviewing, menjadi buzzer, dll.

d) Peluang mendapat trafik tinggi : Sangat besar karena platform blog wordpress premium menyediakan aneka plugin. Anda hanya harus membuat artikel yang bermanfaat bagi pengunjung. Sisanya biar plugin yang bekerja.

Wix

a) Biaya : gratis, kecuali jika Anda memilih membeli domain. Permasalahan hanya ada di hosting atau kuota penyimpanan yang tidak terlalu besar. Kalau Anda punya belasan ribu artikel maka butuh sewa hosting.

b) Kerumitan : Sangat mudah. Jika Anda memilih membuat blog di Wix, Anda akan merasakan kemudahan yang luar biasa yang tidak bisa dibandingkan dengan platform manapun. Ini karena WIX menggunakan sistem AJAX yang memungkinkan edit template supergampang. Tinggal seret dan klik, tanpa perlu belajar koding apapun. Bahkan termasuk edit logo, widget dan header yang merupakan musuh besar blogger pemula.

c) Peluang mendapat penghasilan dari blog : Sangat besar. Wix cocok bagi penjual online karena sistem AJAX nya yang luar biasa. Platform blog ini juga memungkinkan Anda mendapat penghasilan dari adsense.

d) Peluang mendapat trafik tinggi : Cukup besar walau di Indonesia, platform blog Wix masih kalah populer dibanding Blogspot atau Wordpress. Tetapi patut di coba.

Medium

a) Biaya : gratis 100%. Tanpa domain atau hosting Anda bisa membuat blog sepuas-puasnya.

b) Kerumitan : Tidak rumit sama sekali. Anda tinggal duduk dan memikirkan membuat konten yang baik dan artikel yang bermanfaat agar bisa mendatangkan trafik tinggi.

c) Peluang mendapat penghasilan dari blog : Hanya ada satu peluang mendapat penghasilan dari blog medium, yaitu mendapatkan tepuk tangan dari pembaca. Makin banyak pembaca Anda memberi apresiasi berupa tepuk tangan, makin dekat Anda dengan kekayaan.

d) Peluang mendapat trafik tinggi : Kurang bagus karena pada dasarnya ini platform baru. Selain itu nampaknya versi bahasa Indonesia belum terlalu ramai penulis.

Demikianlah artikel kali ini tentang platform terbaik dalam membuat blog. Kesimpulannya, setiap platform memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Silahkan sobat pilih yang paling cocok.

Ikuti kami di Google News